Website ini berisikan tentang ilmu parenting baik itu parenting anak umum, parenting anak berkebutuhan khusus dan keluarga

Memberi Contoh Pernikahan yang Bahagia pada Anak

Memberi Contoh Pernikahan yang Bahagia pada Anak
Gambar: Canva. Quote: yenisovia


Si Teteh, kemarin untuk pertama kalinya nanya ke aku. "Ayah ama Bunda pernah berantem nggak?". Aku langsung ketawa denger pertanyaannya. Saking ngga pernahnya dia ngeliat aku ama ayahnya beramtem kali ya 😂.

Lalu aku jawab " Teteh, dalam setiap hubungan apapun pasti ada berantemnya. Kayak Bunda dan Teteh kan ada berantemnya ya. Kayak Teteh ama Temen2 Teteh juga pasti pernah ada beramtemnya kan? Ayah ama Bunda juga pernah ada beramtemnya. Berantem itu hal yang wajar. Yang ngga boleh itu kalau keseringan berantemnya. Kalau berantem atau marah2 gitu ngga boleh sambil bentak2, kasar, ngerusak barang. Itu ngga boleh. 

Jadi kalau kita berantem trus dalam keadaan marah. Kitanya harus tenangin diri dulu baru ngomong"

Kurang lebih aku ngomong gitu ke si Teteh. Buat diam2 ngajarin dia kalau nanti dia menikah dan beramtem ama pasangannya. Dia jadi tahu cara marah yang sehat itu gimana. Soalnya aku tipe yang ngga setuju kalau berantem itu harus langsung diselesaikan saat itu juga. Harus selesai sebelum tidur malam. Aku ngga setuju. Aku dan PakSu kalau berantem tipe yang kami harus nenangin diri dulu. Karena kalau lagi emosian gitu dipaksa harus ngobrol jadinya nanti emosinya bisa meledak2 dan tanpa sadar jadi saling nyakitin. Karena dua duanya dalam keadaan emosi lagi naik kan ngobrolnya 😔

Makanya selama hampir 10 tahun menikah. Aku & PakSu itu ngga pernah sekalipun kita saling bentak, aduk mulut. Karena memang pas kita ngobrol dari hati ke hatinya dalam keadaan kaminya udah tenang dulu. Kalau udah tenang gitu, baru mudah untuk kami menyelesaikan masalah. Begitu cara kami 😊. Dan aku bener2 berterima kasih dia ngajarin aku cara yang begitu. Ada yang samaan nggak caranya ama aku dan PakSu? 😊

"Bangunlah pernikahan yang bahagia dan sehat. Karena ketika kita membangun itu, tanpa sadar kita sedang memberi contoh pada anak - anak kita kelak, bagaimana cara mereka membangun pernikahan yang bahagia dan sehat di kehidupan mereka nanti 😍🙏"

2 comments

  1. wah keren mbak, semoga aku juga bisa seperti itu, Amin.

    ReplyDelete
  2. Agree. Kita sama nih model berantem ama pasangan. Aku dan suami juga ga pernah saling bentak. Kalo udh marahan, kami diem aja dulu. Biasanya 3 hari juga baikan.

    Aku sejujurnya sempet ga pengen nikah krn dulu sering melihat papa mama berantem sampe pukul2an, lempar piring, dan itu bikin kami ketakutan mba.

    Kayaknya mereka berdua mulai rukun pas kami udh besar dan pindah ke kota jauh2. Kesepian kali yaa, jd nya mulai rukun deh.

    Tp sejujurnya itu bikin aku ga tertarik ama cowo batak , hanya karena papa ku batak. Ngeriii kalo sampe dpt yg pemarah. Makanya tiap pacaran, kebanyakan aku memilih cowo Jawa, krn buatku mereka lbh sabar. Makanya suami pun orang solo, yg memang lbh ngemong dan sabaran. Suka ngalah.

    Itu sih efek dr ortu yg ga nunjukin hal baik ke anaknya. Makanya aku berusaha utk ga pernah ribut besar di depan anak2. Supaya mereka ga kuatir dengan yg namanya pernikahan.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Semoga bisa memberi manfaat. Mohon untuk tidak meninggalkan Link Hidup, ya 😃 dan komentar Ayah Bunda bisa muncul setelah lewat persetujuan saya dan saya mohon maaaf sekali, jika ada komen tak sempat terbalas oleh saya karena keterbatasan saya. Maaf. Terima kasih 🙏